Penerimaan KKN Mahasiswa UIN Walisongo

Banjarsari – Sebanyak 15 Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dari 4 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Sains dan Teknologi, Tarbiyah serta Dakwah dan Komunikasi ini melakukan serah terima peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula Balai Desa Banjarsari (14/01/2020).

pemakaian jaket KKN oleh kepala desa sebagai simbol diterimanya mahasiswa peserta KKN

Serah terima mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dalam hal ini kepala desa berharap agar adik-adik peserta KKN bisa menyesuaikan lingkungan tempat KKN dan meminta selalu berkoordinasi dengan perangkat desa. “Jika adik-adik membutuhkan bantuan kami, jangan sungkan untuk meminta bantuan. Karena kami siap membantu adik-adik terutama dalam hal data.” Kata Haryono kepala desa Banjarsari.

Dosen Pembimbing Lapangan juga menjelaskan, bahwa peserta KKN ini merupakan peserta KKN jalur Mandiri. “Adik-adik KKN ini adalah peserta KKN jalur mandiri atau dalam bahasa kami, kami sebut Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN-MIT). Jadi, adik-adik ini mengurus semuanya secara mandiri. Mulai dalam hal perizinan, memilih tempat serta memilih kelompok dilakukan secara mandiri. Universitas hanya memfasilitasi suratnya saja.” Kata Dr. Agus Riyadi, M.Si

Ia juga meminta agar kepala desa dan jajarannya untuk menasehati ketika peserta KKN bertindak tidak sesuai dengan norma agama dan kebiasaan yang berlaku di lingkungan desa. “Saya titip adik-adik KKN ya pak. Nasehati mereka jika bertindak tidak sesuai dengan norma agama dan kebiasaan di lingkungan ini. Serta saya memohon agar bapak/ibu mau membimbing mereka dalam hal hidup bermasyarakat.” Imbuh Dr. Agus Riyadi M.Si.